Informasi

Pengertian Harddisk



Apa yang dimaksud hard disk ? atau orang biasa menyebutnya HDD .

Hard disk merupakan salah satu komponen utama dalam komputer/notebook. Hard disk mempunyai sejarah perkembangan yang panjang dan sangat menarik, bermula padad awal tahun 50-an. Barangkali salah satu hal yang sangat menakjubkan adalah peningkatan yang sangat pesat yang berupa perbaikan kecepatan, kehandalan, kapasitas, penggunaan power, dan masih banyak hal lain yang terjadi dalam beberapa dekade ini.

Rugilah seorang pengguna komputer yang modern, yang mempunyai bermilyar-milyar byte data untuk menjalankan komputer bila tidak memiliki media penyimpanan permanen seperti Hard disk. Media penyimpanan pertama yang digunakan berupa paper. Program dan data dicatat dengan membuat hole pada paper tape. Alat pembaca spesial menggunakan sinar, dan digunakan untuk men-scan paper atau tape. Ketika ada hole maka akan dibaca “1” dan apabila tidak ada hole makan akan dibaca “0”. Atau sebaliknya. Anda harus menulis seluruh program dengan membuat hole pada paper. Program yang anda buat sudah diperkirakan dapat sukses dijalankan sebelum ditulis pada kartu, karena jika terjadi kesalahan maka anda harus mengulanginya. Sangatlah sulit menvisualisasikan apa yang sedang anda kerjakan.

Perkembangan selanjutnya adalah penggunaan Magnetic Tape. Pengguna setidaknya sudah dapat melihat gambar dengan menggunakan kumparan besar tape. Pencatatan informasi hampir mirip dengan cara merekam audio pada sebuah pita kaset. Magnetic tape ini masih digunakan pada komputer modern saat ini, hanya saja bukan lagi sebagai media penyimpanan sekunder. Sebelum adanya hard disk, magnetic tape digunakan sebagai alat penyimpanan utama pada beberapa komputer. Kerugian menggunakan media ini adalah bahwa pembacaannya harus dilakukan secara linear. Diperlukan waktu beberapa menit untuk pindah dari akhir suatu tape ke tape yang lain sehingga akses random tidak dapat dilakukan.
Floppy disk adalah perkembangan besar selanjutnya. Keuntungan yang didapat dari floppy disk adalah akses random dapat dilakukan dan media penyimpanan ini mudah dibawa. Kekurangannya adalah pada kapasitasnya yang sangat kecil. PC IBM pertama tidak mempunyai kapasitas yang kecil, dan kurang handal apabila dibandingkan dengan hard disk (bahkan dibanding dengan hard disk yang dibuat pertama kali).

Hard disk pada mulanya dibuat secara eksperimen. Penelitian, khususnya yang dilakukan oleh IBM, bekerja dengan beberapa konsep dan teknologi yang berbeda untuk mengembangkan disk drive yang mungkin dikembangkan secara komersial kenyataannya, disk drive yang pertama kali tidaklah benar-benar “Disk Drive”. Hard disk tersebut menggunakan drum silinder berotasi (rotating cylindrical drum) yang menyimpan pola data magnetik. Drum tersebut sangat besar dan sulit untuk bekerja dengannya.

Hard disk awal yang “Benar-benar” dapat disebut hard disk mempunyau head yang berhubungan dengan permukaan disk. hal tesebut memungkinkan sensivitas elektronik yang rendah sehingga dapat lebih baik di dalam membaca magnetic field pada permukaan disk. Sayangnya teknik fabrikasi belum secanggih saat ini sehingga sulit untuk memperoleh permukaan disk sehalus yang dibutuhkan. Permukaan disk yang halus diperlukan agar head dapat meluncur secara halus pada permukaan disk dengan kecepatan yang tinggi dan tetap menjaga hubungan dengannya.

Terobosan teknologi terjadi dengan dibuatnya hard disk modern pada tahun 50-an. Insinyur-insinyur di IBM menyadari bahwa dengan desain yang tepat head dapat digantung di atas permukaan disk dan membaca bit-bit yang melintas di bawahnya. Dengan adanya penemuan ini maka kontak dengan permukaan disk tidak diperlukan lagi.

Hard disk yang diproduksi pertama kali adalah IBM 305 RAMAC (Random Acces Method Of Accounting and Control) yang dikeluarkan pada tanggal 13 September 1956. Hard disk ini menyimpan 5 juta karakter (kira-kira 5 Megabyte, tetapi karakter pada saat itu hanya 7 bit, buka delapan) pada 50 disk berdiameter 24” dan areal density sekitar 2 ribu bit per inci kuadrat. Bandingkan dengan hard disk saat ini yang memiliki areal density sampat jutaan bit per inci kuadrat.

Setelah beberapa tahun. Hard disk mengalami perbaikan. Pada tahun 1962 IBM membuat Disk File Model 1301. Perkembangan inti pada hard disk ini adalah adanya head yang menggantung di atas permukaan disk sehingga terjadi pengurangan jarak dari head ke permukaan sekitar 800 sampai 250 mikro”.

Pada tahun 1973 IBM memperkenalkan disk drive model 3340 yang sering disebut sebagai “bapak” dari hard disk modern. Hard disk ini yang mempunyai dua kumparan terpisan. Yang satu permanen dan yang satunya lagi dapat bergerak. Masing-masing kumparan memiliki kapasitas 30MB sehingga terkenal dengan nama “30-30”. Nama sebenarnya untuk hard disk ini adalah “Winchester”. Jarak antara head dan permukaan disk pada winchester hanya 17 mikro inci. Hard disk modern saat ini masih menggunakan konsep yang dipakai pada hard disk awal dan dengan alasan tersebut kadang-kadang hard disk tersebut masih disebut sebagai disk drive “Winchester”.

Hard disk pertama kali yang didesain untuk digunakan di PC adalah seagate ST-506 yang berdiameter 5.25”. Hard disk ini memiliki 4 head dengan kapasitas 5 MB. IBM mengganti ST-506 dengan ST-412 yang memiliki bentuk sama tetapi berkapasitas 10 MB untuk IBM PC/XT. Hard disk inilah hard disk pertama yang digunakan pada komputer dan cocok untuk dunia komputer.
Pengertian Harddisk Pengertian Harddisk Reviewed by Restu Adyatma on 19:07 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.