Informasi

Pengertian Tekanan darah , Denyut Nadi , dan Detak jantung normal


Selamat datang kembali ke blog kami ,
Hari ini ada yang berbeda di blog kami , karena hari ini pembahasannya ialah mengenai Kesehatan , aneh bukan . . Hahaha ..
Materi ini diberikan oleh teman saya , yang kebetulan juga kuliah di fakultas kedokteran , jadi saya meminta tolong untuk dibuatkan sebuah artikel .

Langsung saja ke topik pembahasan , hari ini kita membahas mengenai "Pengertian Tekanan darah , Denyut Nadi dan Bunyi jantung normal"


Pengertian Tekanan darah : Tekanan darah berarti tenaga yang digunakan oleh darah terhadap setiap satuan daerah dari dinding pembuluh tersebut. Bila orang mengatakan bahwa tekanan dalam suatu pembuluh adalah 50 mmHg, ini berarti bahwa tenaga yang digunakan tersebut akan cukup untuk mendorong suatu kolom air raksa ke atas setinggi 50 mm. jika tekanannya 100 mmHg, ia akan mendorong kolom air raksa tersebut sampai setinggi 100 mm. kadang-kadang, tekanan diukur dalam sentimeter air. Satu millimeter air raksa sama dengan 1,36 cm air karena berat jenis air raksa 13,6 kali berat jenis air, dan 1 cm adalah 10 kali lebih besar daripada 1 mm. Dengan membagi 13,6 dengan 10, dapat diperoleh faktor 1,36 tersebut.



Denyut nadi : adalah  pengembangan yang teraba pada pergelangan tangan diatas arteri radialis berupa gelombang tekanan yang mengembangkan dinding arteri pada saat gelombang tersebut menjalar. Gelombang tekanan yang menjalar di sepanjang arteri ditimbulkan oleh darah yang terdorong ke dalam aorta selama systole.


 Bunyi Jantung Normal :  Pada keadaan normal, terdengar dua bunyi jantung melalui sebuah stetoskop di setiap siklus jantung. Bunyi pertama berbunyi “lub” yang bernada rendah dan sedikit memanjang dan disebabkan oleh getaran yang ditimbulkan oleh penutupan mendadak katup mitral dan tricuspid pada permulaan sistol ventrikel. Bunyi kedua adalah “dup” yang lebih singkat dan bernada tinggi, yang disebabkan oleh getaran pada penutupan katup aorta dan pulmonal tepat setelah akhir sistol ventrikel. Pada orang dewasa muda, terdengar bunyi ketiga yang lembut dan bernada rendah sekitar sepertiga awal diastole. Bunyi keemmpat hanya terdengar sesaat sebelum bunyi pertama saat tekanan atrium meninggi atau ventrikel menjadi kaku pada keadaan seperti hipertrofi ventrikel. 



Pengertian Tekanan darah , Denyut Nadi , dan Detak jantung normal Pengertian Tekanan darah , Denyut Nadi , dan Detak jantung normal Reviewed by Restu Adyatma on 00:37 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.