Informasi

Beasiswa Turki 2014 untuk Indonesia





Selamat Pagi Fans Double R,




Hari ini kami akan berbagi informasi penting serta menarik tentunya untuk anda sekalian para pembaca setia di blog kami. Tak sengaja setelah membaca artikel-artikel tentang Pak Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden kita yang akrab disapa JK tsb, saya sempat mendapat artikel menarik tentang Program Beasiswa Turki bagi Mahasiswa maupun Calon Mahasiswa di Indonesia. Penawaran ini disampaikan oleh Zekeriya Akcam, Duta Besar Turki untuk Indonesia.


Pada wawancara VIVAnews dalam rangka Perayaan Hari Jadi ke-90 Turki di Ballroom Hotel Shangri-La, Zekeriya mengatakan bahwa beasiswa ini mencakup semua biaya, termasuk kuliah, uang saku bulanan, akomodasi, hingga tunjangan kesehatan.




"Kami memberikan lebih dari 100 beasiswa bagi WNI supaya mereka bisa belajar di Turki. Beasiswa ini tersedia untuk berbagai jenjang pendidikan, yakni sarjana dan pasca sarjana," kata dia.


Menurut informasi dari laman Pemerintah Turki, uang saku untuk program diploma dan sarjana  per bulan yang diterima yakni 500 lira Turki atau setara Rp2,7 juta, 750 lira Turki atau Rp4,1 juta dan 1.000 lira Turki atau Rp5,5 juta.


Sementara itu, untuk biaya akomodasi setiap mahasiswa dapat tinggal di asrama yang disediakan oleh kampus mereka secara gratis. Namun, apabila mereka ingin tinggal di luar asrama, biaya itu harus ditanggung pribadi.


Kampus-kampus ternama di Turki bisa menjadi pilihan kuliah, seperti Ankara University, Ataturk University, Galatasaray University, Istanbul Teknik University, Marmara University, dan puluhan universitas lainnya. Beberapa konsentrasi kuliah yang bisa diambil, di antaranya ilmu politik, hubungan internasional, hukum, teknik, studi Islam, pertanian, ekonomi, jurnalisme, sejarah, arsitektur, dan linguistik. Untuk tahun ini pendaftaran beasiswa ini batas pengajuan terakhir pada 31 Maret 2013 dengan mendaftar langsung disini. Jadi kemungkinan untuk tahun selanjutnya laman ini akan di update.

Setiap tahunnya pemerintah Turki memberikan beasiswa bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di jenjang universitas. Berikut persyaratan umum beasiswa turki tersebut :


  1. Beasiswa disampaikan melalui jalur diplomatik. Bagi calon pelamar mengajukan kepada badan resmi/Kedutaan Besar Turki di Jakarta.
  2. Para calon diseleksi oleh suatu komisi yang terdiri dari para wakil dari Kedutaan Besar Turki .
  3. Dokumen para calon harus disampaikan kepada Kementrian Pendidikan Nasional Turki lewat jalur diplomatik sebelum tanggal 1 Juli. Sedangkan dokumen para calon penerima beasiswa Kursus Bahasa Turki untuk musim panas sebelum tanggal 15 Mei.
  4. Para penerima beasiswa calon pra sarjana dan sarjana harus menggunakan visa “pendidikan”. Para calon penerima beasiswa kursus bahasa Turki musim panas dapat mengikuti kursus TOMER selama 2 bulan dengan mneggunakan visa turis.
  5. Perpanjangan izin tinggal harus dilakukan 1 bulan sebelum habis masa berlakunya dan menjadi tanggung jawab pelajar yang bersangkutan.
  6. Mahasiswa pra sarjana dan sarjana harus mengikuti kursus bahasa Turki selama 1 tahun di TOMER untuk dapat diterima di perguruan tinggi dan harus bisa mencapai tingkat tinggi (TOMER Diploma).
  7. Sebelum menentukan pilihan, para pelamar dituntut untuk memenuhi persyaratan pendaftaran perguruan tinggi.
  8. Kursus bahasa Turki musim panas dilaksanakan di Istanbul, Ankara, Izmir, Bursa, Kayseri, Antalya dan Samsun. Pelaksanaan kursus dimulai pada 1 Juli sampai dengan 31 Agustus.
  9. SPP, pembayaran asrama dan anggaran kesehatan (tidak termasuk penyakit kronis, operasi serius, prosthesis, jaw orthopaedics, orthodontics dan teeth prosthesis) dibiayai oleh pemerintah Turki.
  10. Biaya bulanan untuk sarjana, riset dan kursus bahasa Turki musim panas adalah Turkish Lira (TL) 200. Bagi program pra sarjana memperoleh TL 175. Sementara biaya perjalanan dan makan ditanggung oleh mahasiswa.
  11. Tahun akademik dimulai 1 Oktober.
  12. Jika seorang mahasiswa tidak bisa lulus dalam waktu tahun ajaran akademik maka ia diberi ekstra waktu 2 tahun, tapi jika mahasiswa tersebut masih tidak bisa lulus dalam masa tersebut maka beasiswanya akan ditangguhkan.
  13. Mahasiswa dianggap bisa menerima segala persyaratan asrama dan persyaratan beasiswa sebagaimana tersebut dalam dokumen.



Persyaratan Beasiswa lainnya adalah:

  1. Mahasiswa sarjana dituntut memiliki nilai tinggi pada ijazah SMA. Lembaga SMA dimana ia lulus harus sepadan dengan SMA di Turki. Ijazah para calon pelamar tidak boleh melebihi 2 tahun dari sejak kelulusan. Batas umur tidak lebih dari 25 tahun pada saat melamar.
  2. Para pelamar harus tidak terinfeksi penyakit menular (HIV, Hepatitis-C, dll) dan tidak terkena penyakit yang dapat menghambat studi di Turki.

Berkas yang Diperlukan:

  1. Formulir beasiswa (diisi secara jelas dan dilampirkan pas photo ukuran paspor)
  2. Dua copy diploma (Diploma asli dibawa ke Turki jika diterima).
  3. Dua copy transkrip nilai.
  4. Surat keterangan kesehatan
  5. Satu pas photo ukuran paspor (4×6 cm)
  6. Copy halaman paspor yang terdapat foto pemegangnya dan halaman-halaman lain yang ada stempel resmi.

Catatan: Berkas nomor 2, 3 dan 4 harus diterjemahkan ke dalam salah satu bahasa yaitu Turki, Inggris atau Perancis. Copy dan terjemahan dokumen harus disahkan oleh Kedutaan Besar Turki. Semua berkas yang diajukan disampaikan dalam 1 file. Persyaratan umum, persyaratan lain dan berkas yang diperlukan diatas berdasarkan data persyaratan yang diambil pada tahun 2010. Belum ada info selanjutnya mengenai persyaratan di tahun 2014.


Tenggat waktu untuk pengajuan beasiswa pada tahun selanjutnya, menurut Zekeriya, ada pada bulan Maret dan Mei 2014. Dia menjamin, semua pelajar asing yang berkuliah di Turki akan merasa aman.


Ditanya VIVAnews baru-baru ini soal perlunya penguasaan Bahasa Turki untuk meraih beasiswa itu, Zekeriya, menyebut hal itu tidak perlu. "Bahasa Turki akan Anda pelajari selama setahun nanti di sana, usai dinyatakan lolos," kata dia.


Sekian info tentang “Beasiswa Turki 2014 untuk Indonesia”. Terima kasih atas kunjungan anda di blog kami serta bantuan sumber-sumber informasi yang kami dapatkan dan jangan lupa berlangganan dan beri komentar anda tentang artikel ini.

“About Double R, About US”



Regards,


Admin


Sumber :







Beasiswa Turki 2014 untuk Indonesia Beasiswa Turki 2014 untuk Indonesia Reviewed by Restu Adyatma on 23:23 Rating: 5

6 comments:

  1. Asswrw mohon maaf mengganggu, mohon informasi beasiswa kursus bahasa musim panas apa persyaratannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam Warahmatullah Wabarakatuh...
      Mungkin Anda bisa moncoba mencari informasi di sekolah-sekolah Turki yang mengajarkan bahasa Turki, ada dua lokasi untuk Jakarta.
      - Tanggerang, http://www.kharismabangsa.or.id/
      - Depok, http://www.e-pribadi.com/
      Atau, bisa langsung mengunjungi sekolah tersebut ke lokasi.

      Terima kasih

      Delete
  2. Terima kasih banyak atas kesedian waktunya untuk memberikan informasi tsb. Mohon maaf ada yang harus saya tanyakan lagi, mohon informasi untuk tahun 2014 apakah ada beasiswa kursus bahasa (sort course) musim panas? kemudian apakah beasiswa tsb berlaku untuk mahasiswa yan sedang belajar di LN (Cairo)? Kalau boleh bagaimana caranya mendaftar bagi peminat yang tidak berada di Indonesia? mohon maaf saya sangat perlu informasi tersebut. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf karena baru dapat menjawab pertanyaan anda, Untuk Informasi mengenai beasiswa kursus bahasa atau short course musim panas bisa anda lihat di website resminya, dan untuk yang sedang berada di cairo itu merupakan persyaratan dari beasiswa tersebut.

      terima kasih

      Delete
  3. Ada yang ingin saya tanyakan apakah untuk kursus bahasa (sort course) musim panas ada batasan maximal umur peserta yang boleh mengikuti kursus ini?. Umur saya sudah 42 tetapi saya ingin sekali mengikuti kursus bahasa (sort course) musim panas.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.