Informasi

Mengenal Tentang World Wide Web




Sebelum ada World Wide Web, dan juga internet, ada impian Xanadu. Pada Xanadu, semua pengetahuan dan dokumen, citra, suara, dan video akan dapat diakses seketika oleh seseorang yang memiliki sebuah komputer, di manapun dan kapanpun.

Xanadu merupakan impian Ted Nelson, seorang visioner komputer. Dia melihat dunia di mana semua informasi dapat digabung atau dijalin bersama dalam suatu world-wide web dari hypertext dan hypermedia. Pendek kata, dia melihat sebuahdunia di mana Babel yang konstant dari data format dan protokol-protokol yang tidak kompatibel dapat digantikan dengan suatu pustaka informasi yang universal. Hal ini akan menjadikan suatu perubahan dunia.

Page ini mengenalkan Anda ke WWW dan menitik beratkan pada hal-hal berikut:
  • Hypermedia dan ypertext
  • Evolusi Web
  • Mosaic dan browser Web
  • Bisnis di Web
  • Growth Issue

Dasar-dasar web

Xanadu merupakan impian. Sedangkan realitanya adalah World Wide Web (WWW). Web dapat menggabung informasi bersama-sama dari manapun di dunia dan membuatnya ada pada seseorang. Para pelajar dapat berpinda dari informasi keuangan Dun & Bradstreet's ke suatu perjalanan ke ibukota kroasia. Zagreb, ke negara-negara pada internet di Afrika Selatan tanpa meninggalkan meja.


Web lebih dari sekedar informasi. Anda dapat belajar fakta-fakta statis dari berbagai ensiklopedi. Informasi yang disimpan di Web senantiasa diperbarui. Dengan Web, Anda akan selalu menempatkan informasi palig mutakhir pada ujung jari Anda.

Hypermedia


Pada hypertext, informasi yang berhubungan dijalin bersama. Suatu dokumen hypertext memungkinkan Anda melompat dari kata ke kata dengan menggunakan Links.

Pada sebuah ensiklopedi hypertext, misalnya, Anda dapat membaca tentang Michael Jordan dan menemukan sebuah rujukan ke Chicago Bulls yang memenangkan kejuaraan NBA pada tahun 1992, dan yang membuat Anda heran adalah tim mana yang memenangkan kejuaraan tahun sebelumnya.

Pada sebuah buku biasa, Anda akan kesulitan; Anda harus menuju indeksi atau melanjutkan membaca seluru buku mencari informasi yang diinginkan. Pada hypertext, tinggal klik pada frasa "NBA Championship", dapat membawa Anda ke kejadian frasa berikutnya atau ke deskripsi lengkap tentang sejarah kejuaraan NBA.

Sekarang, ambil konsep ini selangkah lebih jauh. Dengan hypertext media, Anda dapat menggabungkan gambar, suara, dan gerakan ke bentuk dokumen multimedia, tidak hanya jalinan kata-kata bersama, tetapi citra dan suara dapat dijalin besama juga.

Misalnya, pada The New Grolier Encyclopedia, sebuah CD ROM ensiklopedi yang terkenal, Anda dapat klik dari satu artikel pada pendaratan Apollo 11 di bulan ke suatu video pendaratan di blan. Dari sana, Anda dapat klik pada sebuah judul tentang peluncuran roket atau pesawat dan dari sana teruskan kajian Anda tentang penjelajahan ruang angkasa.

Hypermedia berusaa membuat komputer-komputer bekerja seperti orang berpikir, yaitu meloncat-loncat, bukan bergerak lurus ke muka atau belakang. Hal tersebut tentu saja belum sempurna. Sebuah gabungan hyperdocument dapat memandu Anda supaya tidak tersesat dari tujuan yang Anda inginkan. Jadi hypermedia dapat sangat membantu dalam memburu informasi yang sulit dicari.
Mengenal Tentang World Wide Web Mengenal Tentang World Wide Web Reviewed by Restu Adyatma on 18:57 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.