Informasi

Pengertian dan Arti SEO



Istilah Search Engine Optimization atau biasa disingkat sebagai SEO, merupakan sebuah teknik dan seni yang bertujuan membuat website Anda berada di tempat teratas di mesin pencari,khususnya Google.
Mengapa SEO penting dan mengapa sebuah website wajib untuk diberi sentuhan SEO?


Berikut ini beberapa hal yang penting terkait manfaat SEO untuk website Anda:

Search engine merupakan tempat kebanyakan orang mencari sesuatu via internet.menurut survey, hampir 90% pengguna internet. Dan di antara search engine yang ada, Google merupakan search engine yang paling banyak digunakan. Hampir 68% pengguna internet di Amerika Serikat dan Uni Eropa menggunakan Google sebagai search engine andalannya. Jadi dengan menempatkan website Anda di Google, anda yakin bahwa pengunjung akan bisa mendapatkan dari search engine

Sebagian besar pengguna mesin pencari (hampir 90%) tidak pernah melewatkan dua halaman pertama dari mesin pencari. Oleh karena itu, dengan menempatkan website Anda di halaman terdepan dari mesin pencari, Anda bisa mendapatkan pengunjung website yang banyak.

sebagian besar (hampr 70%) pengguna search engine tidak pernah mengklik pada hasil pencarian sponsor. Dengan demikian,hasil pencarian yang organik (secara alami) akan membuat website Anda memperoleh posisi strategis dalam dunia internet.

Di negara-negara maju,posisi penjualan yang dilakukan melalui internet semakin meningkat. Di Inggris, saat ini penjualan via internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan. Dan ini di perkirakan akan terus meningkat hingga akhirnya sebagian besar transaksi dilakukan via internet

Dengan menempatkan toko online atau website Anda di halaman utama search engine, sama saja seolah Anda menempatkan toko fisik Anda di jalan raya utama di kota Anda. Dengan demikian orang akan lebih mudah untuk memperoleh.


ARTI SEO 

SEO merupakan istilah yang sangat luas. Ada banyak aspek yang terlibat dalam optimasi search engine ini. Oleh karena itu, pembelajaran yang harus Anda lakukan juga sangat luas, yaitu mulai dari mengenal bagaimana cara kerja search engine (tiap search engine memiliki cara kerja yang berbeda-beda)
hingga bagaimana mendesain halaman website yang baik. Oleh karena itu,anda perlu banyak belajar mengenai SEO untuk bisa benar-benar menjadi SEO-expert.akan tetapi, Anda tidak di haruskan
tahu semuanya untuk mulai mengoptimalkan website Anda. Mulailah sedikit demi sedikit dari apa yang Anda ketahui terlebih daulu. Langkah pertama untuk belajar SEO adalah mengetaui apa itu search engine dan bagaimana cara kerjanya. Dengan memahami hal ini, Anda juga bisa mengetahui keduanya. Selain itu, Anda juga akan mengetahui strategi SEO yang bisa dipakai untuk menambah traffic ke website Anda.


MENGAPA PERLU SEO?

Sebelum Anda terjun ke SEO, Anda harusperlu tahu alasan mengapa Anda perlu SEO? Itu semua berkaitan dengan definisi SEO, yaitu sebuah seni untuk memodifikasi halaman web sehingga bisa semaksimal mungkin dikenali oleh search engine. Salah satu yang menyebabkan diperlukannya SEO adalah karena ada banyak website di internet. Ada milyaran, bahkan triliunan website yang sudah ada, dan akan terus bertambah di setiap bulannya. Sebagai contoh, Anda mempunyai website untuk menjual produk pertanian maka di indonesia akan ada puluhan atau ratusan website sejenis.

Sementara itu, jika ingin melihat segmen dunia maka akan lebih banyak lagi jumlahnya. untuk itu, dengan menempatkan posisi di tingkat atas dalam hasil pencarian maka akan membuat website anda ibarat toko strategis yang terletak di tepi jalan besar. dengan Seo yang bagus maka kemungkinan website anda dikunjungi oleh orang lain akan lebih besar. 

Dengan kaidah SEO yang bagus, website anda akan lebih jelas/kelihatan sehingga akan lebih diperhatikan oleh search engine. itulah inti dari SEO yaitu untuk membuat website anda diperhatikan oleh search engine

namun demikian, diperhatikan oleh search engine saja belum cukup. usahakan semaksimal mungkin website anda harus berada di bagian teratas dari search engine. karena semakin bawah posisi search engine makan akan semakin kecil kemungkinan website anda untuk dikunjungi

Oleh karena itu, untuk mendapatkan posisi tertinggi di search engine, tidak cukup hanya dengan membuat website ala kadarnya. Berikut ini beberapa kriteria yang membuat search engine memprioritaskan sebuah website lainnya.



· Anchor text
· Kepopuleran situs
· Konteks Link yang menuju dan keluar dari sebuah website.
· Link-link topik yang menuju website
· Tag dari Title
· Kata-kata kunci di website
· Bahasa yang digunakan oleh website.
· Konten.
· Kematangan umur situs. 



Selain beberapa kriteria di atas, ada banyak lagi kriteria yang di pertimbangkan ole search engine. Dari beberapa kriteria di atas, ada pula beberapa tambahan yang diperlukan

Setelah menyadari pentingnya SEO, Anda juga perlu mendefiniskan dengan benar tujuan dari SEO. Karena tanpa tujuan dan akhir perencanaan yang benar,program SEO Anda akan kurang efektif walaupun mungkin tidak gagal total.

Tujuan yang pasti adalah meningkatkan traffic ke website. Selain itu juga bisa mempertinggi kemungkinan pengnjung melakukan transaksi di website (misalnya website shopping cart) atau menggunakan kata kunci iklan (misalnya untuk website periklanan).

Kesimpulannya, website dengan SEO yang bagus akan menyediakan instruksi-instruksi yang bisa dimengerti, dianalisa dan nilai releansinya oleh robot. Jika pada situs ada SEO yang kurang bagus maka akan dilupakan dan kurang di perhatikan oleh robot. Bahkan lebih buruknya,bisa dianggap situs spam sehingga di-blacklist oleh search engine.
Pengertian dan Arti SEO Pengertian dan Arti SEO Reviewed by Restu Adyatma on 22:21 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.