Informasi

Memahami Arsitektur Cloud Computing


Kata kunci dari komputasi awan adalah kata cloud atau awan. yang dimaksud awan disini adalah jaringan komputer masif atau bahkan satu buah pc yang saling terhubung di sebuah grid. komputer-komputer ini berjalan secara paralel dan mengombinasikan sumber daya untuk menghasilkan kekuatan komputasi seperti super computer.


secara fisik, cloud adalah kumpulan komputer dan server yang bisa diakses secara publik melalui internet. biasanya hardware yang terlibat di cloud computing ini milik pihak ketiga yang diletakan dilokasi data center tertentu.  kompter cloud bisa menjalankan berbagai jenis sistem operasi

satu hal yang penting dalam Arsitektur cloud computing adalah kemampuan pemrosesan dari sistem, bukan tampilan desktop-nya. dan semua pengguna nantinya akan mengakses komputasi yang disediakan oleh server cloud ini menggunakan jaringan internet dari berbagai macam media. namun jenis hardware ataupun sistem operasi yang ada di belakang layar tetap tidak akan terlihat.



arsitektur cloud computing ini sebenarnya sangat sederhana, tidak dibutuhkan manajemen khusus untuk menghubungkan semua komputer dan mengalokasikan pemrosesan task ke pengguna. pengguna tinggal mengakses menggunakan antarmuka di komputernya. kemudian sudah langsung bisa mengakses Task atau service di dokumen. Request atau permintaan dari pengguna ini kemudian bisa dilewatkan ke manajemen sistem. layanan ini akan mengambil sumber daya yang ada di cloud, lalu menjalankan aplikasi web tertentu. kemudian bisa menjalankan aplikasi web lainnya
setelah aplikasi web dijalankan, sistem kemudian memonitor dan mengatur fungsi  penggunaan cloud sehingga sumber daya dibagi berdasarkan kebutuhan yang diperlukan.




Sumber "Kupas Tuntas Bermacam Aplikai Generasi Cloud Computing"






Memahami Arsitektur Cloud Computing Memahami Arsitektur Cloud  Computing Reviewed by Restu Adyatma on 07:34 Rating: 5

5 comments:

Powered by Blogger.